Rabu, 24 Mei 2017

Apa itu Karya Tulis Ilmiah?


Akhir-akhir ini banyak teman-teman kuliah, kos dan adik-adik tingkat saya yang mulai tertarik dalam dunia tulis menulis khususnya di bidang karya tulis ilmiah (KTI). Namun tidak sedikit dari mereka yang masih bingung tentang apa itu KTI, sehingga pertama kali yang mereka tanyakan yaitu tentang KTI itu sendiri. Maka dari itu, pada bagian awal dari kategori KTI pada blog saya ini akan saya sampaikan gambaran mengenai KTI.

Karya tulis ilmiah, jika dilihat dari definisi secara umumnya merupakan karya tulis yang berdasarkan penelitian atau pengkajian yang memiliki sifat keilmiahan dan memenuhi syarat keilmuan. Adapun syarat keilmuan yang dimaksud disini adalah:
  1. Bersifat objektif
  2. Isi kajian berada pada lingkup pengetahuan ilmiah
  3. Menggunakan metode berfikir ilmiah yang logis dan sistematis
Nah, dari definisi tersebut semoga sudah ada pengetahuan awal bagi teman-teman tentang apa itu karya tulis ilmiah. Jadi, tidak semua tulisan dapat dikategorikan sebagai karya tulis ilmiah seperti puisi, cerpen, prosa, dan pantun tentu tidak bisa dianggap sebagai karya tulis ilmiah. Karya tulis ilmiah memiliki banyak jenis. Untuk lebih jelasnya mengenai jenis-jenis karya tulis ilmiah tersebut, harap bersabar ya buat menunggu tulisan selanjutnya.....

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon