Minggu, 23 April 2017

Cara Membuat, Mengedit dan Menghaps Label di Blog

Membuat, mengedit serta menghapus beberapa kategori yang dianggap kurang sesuai di Blog merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Hal ini karena menyangkut paa pengorganisiran konten dan juga kenyamanan pengunjung. Seorang pengunjung blog akan merasa nyaman ketika membuka beberapa artikel di blog kalian, apabila kalian tepat dan sesuai dalam melakukan pengorganisasian dalam postingan artikel yang memang memiliki beberapa hubungan satu sama lainnya.

Pada platform blog, kategori artikel tersebut disebut sebagai label, pada wordpress disebut sebagai tags. Mengatur kategori di blogger tidak sama dengan di wordpress. Kategori di wordpress mudah dibuat secara struktural dan pengindukan karena memang sudah tersedia fiturnya. Di wordpress juga kalian bisa mengatur, mengedit dan menghapus kategori dengan mudah.

Berbeda jika kalian menggunakan blogger. Untuk mengatur, seperti mengedit dan menghapus kategori agak sedikit rumit jika kalian tidak mengetahui langkah-langkahnya. Bahkan pada awalnya penulis sendiri tidak tahu bahwa ada cara mengedit dan menghapus label di blogger. Oleh karena itu disini kita akan membahas tentang cara mengatur, membuat, mengedit dan menghapus lael baik untuk satu post ataupun sekaligus dalam jumlah yang banyak postingan blog kita.

Cara Membuat Label Baru

Cara dalam membuat label baru, langkah pertama adalah dengan mengetikkan nama label di pilihan labels yang berada pada sidebar sebelah kanan ketika kalian akan mengedit atau membuat sebuah postingan. Saya anggap semua para blogger sudah mengetahui cara yang satu ini. Namun apakah kalian sudah tahu bagaimana cara membuat sebuah label yang langsung diintegrasikan dalam jumlah banyak postingan?

Membuat Label Baru


1. Pertama, buka menu Post untuk melihat daftar postingan artikel kalian dengan cara klik menu Posts pada sidebar kiri.
2. Setelah itu, tandai dengan cara berikan tanda centang (checklist) pada psotingan yang mana saja yang akan kalian masukan pada label yang akan dibuat.
3. Kemudian klik ikon di samping kiri bacaan "Publikasikan" dan pilih bagian "New Label" atau "Label Baru..." tunggu sampai keluar muncul sebuah kotak dialog, lalu ketikkan nama label yang kalian inginkan.

Cara Mengedit dan Menghapus Label

Pada dasarnya, blogger tidak menyediakan fitur untuk mengedit sebuah label yang telah kita gunakan sebelumnya. Sehingga secara teknis, kalian hanya bisa membuat dan menghapus. Namun, hal ini tidak menjadi penghalang untuk mengganti nama label pada blogger kalian.

Untuk menghapus sebuah label, yang telah kalian buat adalah dengan tidak mengikutkan artikel kalian pada label (yang ingin dihapus). Jadi, dengan mengosongkan label tersebut dari semua postingan, maka secara otomatis label akan terhapus. Namun tentunya cara ini membutuhkan waktu yang cukup lama, karena kalian harus mengedit satu-persatu potingan kalian dengan label tertentu dan menghapus label itu.

Jika kalian ingin menghapus label secara langsung, maka langkah pertama adalah dengan mem-filter atau menyaring daftar postingan dengan label terpilih seperti yang terlihat pada gambar dibawah. Caranya adalah dengan memilih label pojok kanan atas disamping kotak pencarian.
Mem-filter label

Setelah itu, ceklist semua post yang ada. Klik ikon label yang terdapat pada samping kiri "Publikasikan/Publish" kemudian akan muncul dropdown pilihan label yang telah kalian buat, dan pilih nama label yang telah kalian saring/filter tadi.
Memilih Label yang Akan di Hapus

Setelah kalian meng-klik nama label yang anda inginkan, maka secara otomatis label tersebut akan terhapus.

Lalu bagaimana dengan cara mengedit label? Langkah pertama, yaitu hapuslah terlebih dahulu label yang ingin kalian edit, seperti langkah-langkah diatas. Kemudian buatlah label baru yang kalian inginkan tanpa haru meng-unchecklist / menghilangkan tanda ceklis pada postingan terlebih dahulu.

Ikutilah langkah-langkah seperti yang dijelaskan diatas, dan perlu diperhatikan harap berhati-hati dalam mengatur struktur label pada blog kalian.

Selamat mencoba...

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon