Jumat, 07 April 2017

Cara Merekam Layar di Smartphone (Android)

Cara merekam kegiatan yang dilakukan pada layar smartphone cukup mudah dilakukan, tentunya dengan bantuan aplikasi tambahan. Hal ini dikarenakan fitur perekaman layar belum ada secara default di perangkat smartphone khususnya Android.

Aplikasi Mobizen

Biasanya perekaman layar diperlukan ketika seseorang ingin membuat demonstrasi atau tutorial perangkat Android, baik itu untuk memperlihatkan fitur dari sebuah aplikasi atau keperluan lain seperti membuat walkthrough game mobile.

Saat ini, sudah menjamur aplikasi yang difungsikan untuk merekam layar di Android (screen recorder) yang bisa digunakan secara gratis, ada yang mengharuskan kita untuk melakukan root terlebih dahulu pada smartphone kita. Namun ada juga yang tidak menharuskan hal tersebut.

Salah satu aplikasi yang dapat kita gunakan dalam melakukan screen recorder pada layar smartphone kita adalah menggunakan aplikasi Mobizen. Untuk itu, pastikan bahwa kalian telah mengunduh dan aplikasi tersebut sudah terpasang pada smartphone kalian. Jika sudah, kalian bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini.

Berikut cara merekan layar di Android dengan Mobizen
  1. Buka Play Store
  2. Cari pada search enggine dan unduh aplikasi Mobizen
  3. Buka aplikasi mobizen dan pilih ikon video atau kamera untuk memulai merekam layar. Ketika merekan akan muncul sebuah notifikasi pada layar yang menandakan bahwa Mobizen sedang melakukan perekaman.
  4. Untuk menhentikan perekaman, kalian bisa klik tombol Stop berbentuk kotak yang berwarna merah.
  5. Layaknya aplikasi perekaman lainnya, kalian bisa mengubah pengaturan frame rate, mengatur kualitas video, menyimpan serta membagikan ke aplikasi pihak ketiga atau sosial media.
Sekian cara merekam layar di Android smartphone yang bisa kalian coba.

Namun tidak menutup kemungkinan, kalian juga bisa mencoba beberapa aplikasi screen recorder yang bisa kalian gunakan sebagai alternatif selain selain Mobizen.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon