Senin, 19 Juni 2017

Cara Menambahkan Newsletter di Blog


Hampir setiap blog yang ada, terutama pada akun blog yang sudah lama berkecimpung dalam dunia blogging yang memiliki ratusan bahkan ribuan pembaca setiap harinya selalu menyematkan Newsletter baik pada setiap akhir postingan yang tepat berada di bawah postingan maupun terletak pada sebuah widget box.

Sebelum kita memulai membuat sebuah newsletter pada blog kita ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu newsletter?. 

Nawala (dalam bahasa Inggris Newsletter) merupakan alat komunikasi yang sering digunakan seorang humas dalam memberikan informasi mengenai perusahaan, baik menyangkut produk yang dihasilkan, orang yang terlibat, serta informasi lain yang dapat membantu publiknya dalam berhubungan dengan urusan bisnisnya.

Jadi dapat disimpulkan bahwa fungsi dari newsletter itu sendiri yaitu memberikan informasi yang memungkinkan pihak yang terkait (pengikut) memperoleh perkembangan informasi melalui email. Sehingga akan membangun dan menjaga hubungan yang baik antara si pemberi informasi (blogger) dengan para pembacanya. Karena para pembaca secara otomatis akan memperoleh notifikasi (pemberitahuan) melalui email tanpa harus setiap waktu mengecek blog untuk mengetahui perkembangan atau update-an artikel terbaru.

Newsletter tersebut dapat kita buat dengan memanfaatkan feedburner. Sehingga terlebih dahulu kita akan melakukan pendaftaran pada laman tersebut, setelah melakukan pendaftaran langkah selanjutnya yaitu kita akan menambahkan pada blog kita. 

Perhatikan langkah-langkah berikut ini untuk manambahkan newsletter pada blog.

1. Buka feedburner
2. Klik nama atau judul blog yang telah kalian daftarkan sebagai contoh disini adalah blog "AMIRS ID"
Judul Blog
Judul Blog di Feedburner

3. Selanjutnya klik tab menu Publicize dan pilih Email Subscriptions

Tab Public
Tab Menu Publicize

4.Selanjutnya akan terbatas seperti berikut, kemudian klik tombol Activate

Klik Activate
Klik Activate


5. Tunggu beberapa saat hingga muncul script seperti yang terlihat pada gambar dibawah

Script Kode Feedburner


6. Copy script tersebut, kemudian taruhlah dibagian blog sobat dengan cara menambahkan widget baru

Baik, itulah tadi tutorial mengenai cara dalam menambahkan newsletter dengan menggunakan feedburner, fungsi dari newsletter itu sendiri sama halnya dengan subscribe jika di youtube dimana para pembaca atau penonton memperoleh pemberitahuan secara langsung tanpa harus membuka website atau channel terlebih dahulu. 

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon