Jumat, 06 Oktober 2017

4 Tips Memperoleh Uang dari Blog

Menghasilkan uang dari blog

4 Tips Memperoleh Uang dari Blog - Terdapat berbagai cara yang dapat dilakukan untuk memperoleh penghasilan (uang) melalui situs blog kalian. Blog yang sebelumnya hanya sebagai tempat berbagai informasi atau semacam catatan harian dengan memanfaatkan teknologi jaringan internet, sekarang telah berubah menjadi profesi yang cukup diminati. Sebab selain menjadi tempat berbagi informasi melalui tulisan-tulisan, blog juga dapat dijadikan sebagai tempat memperoleh materi (uang). Oleh sebab itu, blog bisa menjadi suatu investasi yang cukup menjanjikan, pengembang situs akan memperoleh hasil (passive income) sesuai dengan hasil kerja keras dalam mengembangkan blognya. Pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan empat cara mudah untuk mendapatkan profit dari blog, tentu agar kita semakin bersemangat dalam mengelola blog sehingga memberikan suatu manfaat bagi kita semua.

Era sekarang ini (teknologi informasi), banyak cara yang dapat dilakukan dalam memperoleh penghasilan melalui internet. Salah satunya yaitu melalui blogging. Blogging merupakan salatu satu cari favorit saya dalam memperoleh uang dari internet. Karena banyak manfaat yang kita peroleh dengan menjadi seorang blogger, seperti membangun kepercayaan (branding), mengasah kemampuan menulis, berbagi informasi, dan tentu yang akan saya bahas pada tulisan kali ini yaitu mendapatkan penghasilan secara berkelanjutan (passive income) yang cukup menjanjikan, tentu hal tersebut akan kalian nikmati setelah melakukan kerja keras, konsistensi, doa, dan ikhtiar. Keempat hal tersebut adalah salah satu kunci yang dapat kalian terapkan dalam berbagai konteks seperti menjadi seorang blogger.

Jika dalam internet terdapat banyak cara untuk memperoleh suatu penghasilan, begitu juga dengan blog. Banyak cara yang dapat kalian lakukan untuk mendapatkan uang atau bahasa lainnya memonetisasi blog kalian. Berikut empat cara yang menurut saya paling sederhana, praktis, simple dan tentunya mudah untuk diterapkan bagi siapa saja dalam menghasilkan penghasilan dari blog yang perlu untuk kalian coba.

Menjual Barang atau Jasa

Dalam memperoleh penghasilan melalui blog yang paling mudah adalah dengan berjualan. Baik berupa barang atau jasa. Sebab era sekarang ini, dalam berjualan juga sudah dapat kalian lakukan tanpa adanya stock barang, yaitu dengan cara sistem dropship. Tentu dengan adanya sistem dropship tersebut menguntungkan bagi kita yang belum memiliki modal cukup besar. Sehingga kita hanya perlu menyiapkan situs semacam e-commerce dan tinggal proses promosi dengan memanfaatkan sosial media yang ada.

Selain dengan cara berjualan barang menggunakan sistem dropship, kalian juga bisa menjual barang berupa barang digital seperti template, icon, ebook dan lain sebaginya. Cara ini juga sering digunakan oleh para blogger yang memiliki kemampuan bahasa pemrograman, desain grafis, maupun menulis. Jika kalian memiliki passion dibidang menulis, mungkin kalian bisa menjual ebook sekaligus menjual jasa sebagai content writing. Karena tidak menutup kemungkinan para pelaku bisnis online tidak ada waktu untuk mengupdate artikel karena terlalu fokus pada pengoptimasian blog. Sehingga hal tersebut membutuhkan orang untuk melakukan update artikel yaitu jasa content writing. Menjual jasa tidak hanya terpaku sebagi content writing, hal tersebut tinggal kalian sesuaikan dengan passion dan kemampuan yang kalian kuasai.

Bergabung Menjadi Publiser Iklan

Seperti yang sudah saya singgung sebelumnya, bahwa hal yang paling banyak digunakan bagi para blogger di Indonesia khususnya dalam mendapatkan uang dari blog yaitu menjadi publisher. Menjadi publisher merupakan langkah yang mudah untuk diterapkan dan cukup menjanjikan dalam memperoleh passive income dari blog. Kalian dapat menentukan beberapa pilihan jaringan periklanan yang tersedia baik yang berupa pay per click (PPC) yang artinya kalian akan dibayar ketika ada pengunjung yang mengklik iklan, cost per mile (CPM) kalian akan memperoleh hasil ketika iklan tersebut tayang per 1000x, atau cost per action (CPA) kalian mendapatkan hasil ketika pengunjung melakukan aksi dari iklan tersebut seperti mendownload aplikasi yang disarankan atau yang lainnya.

Jika kalian menentukan untuk menggunakan jasa periklanan sejenis PPC, maka Google Adsense adalah pilihan terbaik yang dapat kalian gunakan dalam memonetisasi blog kalian. Hal tersebut karena kepopuleran dari Google Adsense serta banyak kelebihan dibanding dengan jasa periklanan lainnya seperti kualitas iklan, ketepatan dalam hal pembayaran, nilai impresi iklan, dan lainnya. Namun situs-situs yang menjadi publisher di Google Adsense tentu merupakan situs yang berkualitas, yang telah memenuhi kriteria berdasarkan ketentukan oleh pihak Google Adsense. Namun tidak perlu khawatir, bagi kalian yang masih baru dalam membangun sebuah blog tetap bisa menghasilkan uang dari blog meski dengan trafik rendah dengan menjadi publisher di penyedia iklan lainnya.

Tidak dapat kita pungkiri, bahwa google adsense merupakan jaringan periklanan yang terbaik dan paling banyak digunakan oleh para blogger Indonesia dalam memperoleh uang dari blog. Namun bukan berarti tidak ada jaringan periklanan lainnya. Sebab ada banyak sekali jaringan periklanan yang dapat digunakan terutama bagi para blogger pemula yang ingin menghasilkan uang selain dari google adsens, diantaranya yaitu Chitika, AdNow, PropellerAds, dan lain sebagainya.

Menyediakan Space Iklan Bagi Advertiser

Kalian juga bisa mendapatkan penghasilan melalui blog kalian dengan cara memberikan space iklan untuk calon pengiklan. Space iklan ini bisa kalian taruh pada samping header, dibawah header, sidebar, maupun di atas footer.

Namun, tentu cara ini hanya diperuntukan bagi blog yang sudah memiliki cukup banyak pengunjung setiap harinya. Karena tentu tidak mungkin pengiklan akan mengiklankan pada situs yang masih baru atau masih tahap pengembangan. Oleh karena itu, bagi kalian yang sudah memiliki banyak pengunjung perharinya, tidak ada salahnya untuk mencobanya. Buatlah tawaran yang menarik, dan jelas.

Berikut tips yang mungkin dapat kalian terapkan dalam menarik calon pengiklan agar tertarik beriklan di situs kalian.

  • Gunakan bahasa yang baik dan mudah untuk dipahami
  • Jelaskan mengenai diskripsi konten blog kalian
  • Informasikan jumlah statistik blog kalian
  • Carilah pengiklan yang sesuai atau memiliki keterkaitan dengan pembahasan di blog kalian. Contoh: blog kalian membahas tentang beasiswa, maka calon pengiklan tentu merupakan dari pengembang bisnis konsultasi pendidikan, maupun lembaga pendidikan lainnya. 
  • Jangan terlalu tinggi dan terlalu rendah dalam mematok harga 
  • Selain itu berikanlah deskripsi harga yang jelas dalam beriklan misalnya, berapa harga yang dibayar untuk disamping header, di sidebar, dan ke unggulan dari masing-masing tempat tersebut.

Mengikuti Program Afiliasi

Program afiliasi merupakan cara yang cukup popular bagi para blogger dalam memperoleh penghasilan dari blog. Dalam program ini kalian perlu memberikan sosialisasi atau istilah lainnya mereview terhadap produk yang ada dan jangan lupa untuk mencantumkan link tempat beli produk tersebut, kemudian seseorang melakukan pembelian melalui link yang kalian bagikan, maka dari situlah kalian akan memperoleh komisi sesuai dengan ketentuan besar persen yang sudah ditentukan. Selain menjadi publisher pada penyedia iklan, program afiliasi ini juga patut untuk kalian coba. Sebab tidak menutup kemungkinan penghasilan yang diperoleh melebihi penghasilan dari program periklanan berbasis pay per click (PPC).

Bagi kalian yang memiliki blog bule (berbahasa Inggris), program afiliasi yang dapat kalian ikuti diantaranya yaitu amazon. Amozan merupakan salah satu e-commerce yang menawarkan program afiliasi yang banyak diikuti oleh para blogger, namun khusus untuk blog yang menggunakan bahasa Inggris saja. Selain itu, kalian juga bisa mencoba untuk mengikuti program afiliasi yang ditawarkan oleh jasa hosting seperti Bluehost.

Sedangkan bagi kalian yang memiliki blog dengan bahasa Indonesia, tidak perlu khawatir. Sebab kalian juga bisa mengikuti program afiliasi yang ditawarkan oleh situs e-commerce seperti Lazada. Jika kalian memiliki blog yang bertemakan tentang gadget atau barang elektronik lainnya, maka bergabung program afiliasi Lazada perlu untuk kalian coba. Selain lazada, kalian juga bisa mencoba program afiliasi dari web hosting seperti Niaga Hoster.
Tentu dari masing-masing penawar program afiliasi memiliki kelebihan dan kelemahan. Selain itu juga terdapat besar kecil komisi yang diberikan. Sehingga besar kecilnya komisi dari barang satu dengan yang lainnya tentu tidak sama. Namun seperti yang sudah saya singgung diatas, bahwa penghasilan dari program afiliasi ini memiliki potensi melebihi penghasilan dari program periklanan berbasis PPC.

Tips Mengikuti Program Afiliasi

  • Buatlah sosialisasi produk dengan menggunakan bahasa yang baik dan mudah untuk dipahami
  • Berikan sosialisasi tentang produk yang lagi ngehits dan memiliki nilai jual saat ini
  • Deskripsikan produk yang kalian tawarkan secara jelas
  • Jelaskan kelebihan dari produk yang kalian tawarkan
  • Jangan lupa untuk memberikan link kalian (ini penting)
  • Gunakan kupon diskon (Jika mengikuti program afiliasi niagahoster)

“Banyak jalan menuju roma” dalam hal memonetisasi blog juga demikian. Banyak cara yang dapat kalian lakukan untuk memperoleh penghasilan dari blog, apa yang telah saya jelaskan diatas merupakan bagian kecil dari kesekian banyak cara yang mungkin bisa kalian terapkan untuk memonetisasi blog kalian. Sehingga kalian juga mendapatkan profit yang sebanding dengan usaha serta kerja keras kalian dalam membangun serta mengembangan blog kalian.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon