Sabtu, 23 September 2017

Cara Mengetahui Kode Verifikasi Google Webmaster Tools

ideseonesia.blogspot.com

Cara mengetahui kode verifikasi google webmaster tools - google webmaster merupakan sebuah tool milik perusahaan google yang dapat digunakan oleh para pengembang atau webmaster dalam mengukur perkembangan blog. Tentu manfaat yang akan diperoleh dengan menggunakan tool tersebut, kalian akan memperoleh berbagai saran dalam meningkatkan perkembangan blog kalian.

Bagi kalian yang sedang memulai dalam membangun sebuah website atau blog, mendaftarkan pada sebuah webmaster tools seperti google maupun bing merupakan salah satu hal yang wajib untuk dilakukan. Karena dengan mendaftarkan pada webmaster tersebut kemungkinan besar blog kita akan mudah untuk dirayapi dan terindeks oleh mesin pencari. Meskipun pada dasarnya blog sudah langsung terverifikasi oleh webmaster secara otomatis, namun kita perlu untuk mengetahui kode verifikasi untuk melakukan beberapa optimasi lainnya agar blog semakin melejit.

Penambahan kode verifikasi google webmaster biasanya terletak pada template di bagian meta tag, seperti <meta content = 'kode verifikasi google webmaster' name='google-site-verification'/> kalian hanya perlu memasukkan kode verifikasi kalian pada bagian tulisan berwarna merah. Baik, langsung saja, ikuti tutorial pada langkah-langkah dibawah ini untuk mengetahui serta menambahkan kode verifikasi google wwebmaster.

Cara Memasang Kode Verifikasi Google Webmaster

Memasang kode verifikasi google webmaster pada template blog kita cukup mudah, sebab kalian hanya perlu mendaftarkan website atau blog kalian pada tool tersebut, kemudian menambahkan kode verifikasinya ke template dan mengirimkan sitemap atau daftar isi dari blog kalian.

1. Silahkan kalian masuk terlebih dahulu ke dalam akun Google Webmaster Tools dengan menggunakan gmail
2. Kemudian, bagi kalian yang baru daftar akan terdapat ucapan "Selamat Datang di Search Console", silahkan kalian tambahkan URL blog dan klik tombol Tambahkan Properti

www.ideseonesia.blogspot.com
Menambahkan URL Blog di Google Webmaster

3. Setelah itu, klik tombol seperti Gerigi disebelah kanan atas, dan pilih Detail Verifikasi

www.ideseonesia.blogspot.com
Detail Verifikasi

4. Kemudian klik link Verifikasikan dengan menggunakan metode yang berbeda

ideseonesia.blogspot.com
Verifikasikan dengan menggunakan metode yang berbeda

5. Pilih metode verifikasi Tag HTML, silahkan kalian salin kode meta tag tersebut dan tempel pada bagian <head> sebelum bagian </body>

ideseonesia.blogspot.com
Kode Verifikasi Google Webmaster

6. Buka akun blogger kalian, kemudian pilih menu Template > Edit HTML silahkan kalian cari kode <meta content='#' name='google-site-verification'/> atau <meta name='google-site-verification' content='#'/> tempel kode verifikasi yang kalian peroleh pada langkah di atas di bagian '#' dan klik Simpan Tema

ideseonesia.blogspot.com
Menambahkan Kode Verifikasi
Ingat, yang perlu kalian masukan hanya kode unik saja yang terdapat dibagian content

7. Kembali ke Google Webmaster Tools klik tombol Verifikasi, jika berhasil akan terdapat informasi seperti dibawah ini.

ideseonesia.blogspot.com
Verifikasi Berhasil

8. Sampai disini, blog kalian telah berhasil diverifikasi oleh google webmaster. Langkah selanjutnya yaitu kalian perlu submit sitemap atau peta situs.

Cara Submit Sitemap atau Peta Situs di Google Webmaster Tools

1. Masuk terlebih dahulu ke Google Webmaster Tools
2. Pilih menu Perayapan > Peta Situs

ideseonesia.blogspot.com
Menambahkan Peta Situs

3. Pilih Tambahkan/Uji Situs masukkan sitemap blog kalian dengan format sitemap.xml klik tombol kirim
ideseonesia.blogspot.com
Mengirim Sitemap

4. Setelah itu, klik Segarkan Laman

ideseonesia.blogspot.com
Segarkan Laman

5. Selesai, kalian hanya perlu menunggu google untuk melakukan perayapan terhadap situs kalian dan melihat perkembangan selanjutnya.

Itulah tadi tutorial cara mengetahui kode verifikasi google webmaster sekaligus cara menambahkan sitemap atau peta situs pada google webmaster. Semoga tutorial diatas dapat bermanfaat bagi kita semua, selamat berkarya. Sekian dan terimakasih.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon