Kamis, 10 Agustus 2017

Cara Mendaftar Akun Domain Gratis di Freenom


Domain merupakan sebuah hal penting dalam membangun sebuah website atau blog. Ibarat sebuah rumah maka domain berperan sebagai alamat dari rumah tersebut. Sehingga pemilik website atau blog diharuskan memiliki sebuah alamat yang ringkas dan mudah untuk diingat, hal ini sangat berguna untuk memudahkan pembaca dalam mengingat nama domain yang hendak dituju.

Sebenarnya ketika kita mendaftar sebuah akun blog pada blogspot kita sudah memperoleh sebuah domain, tentunya dengan embel-embel dibelakang nama blog kita terdapat nama blogspot. Contoh: namablogkita.blogspot.com sedangkan jika kita ingin membuat nama domain tanpa adanya embel-embel seperti blogspot, wordpress kita harus mengeluarkan uang untuk membeli domain tersebut, dan harus melakukan perpanjangan setiap tahunnya.

Kesempatan kali ini, Amirs ID akan memberikan tutorial cara mendaftar akun domain gratis di freenom. Sehingga dengan adanya domain yang kita peroleh dari freenom tersebut, pengunjung akan lebih mudah dalam mengingat nama domain dan url dari blog kita. Selain itu domain kita juga akan terlihat lebih simple tanpa harus ada embel-embel seperti blogspot atau wordpress.com yang tentunya akan terlihat lebih resmi dan terpercaya.

Beberapa keuntungan dalam merubah nama domain dari blogspot.com di akun freenom tersebut diantaranya yaitu: url domain terlihat lebih simpel, domain mudah diingat, lebih baik dari sebelumnya yang masih menggunakan domain dari blogspot yang cenderung lebih panjang, dan tentunya website atau blog kita akan terlihat lebih dapat dipercaya.

Cara Mendaftar Akun Domain Gratis di Freenom

1. Sebelum mendaftar pada freenom pastikan bahwa kalian telah memiliki email terlebih dahulu.
2. Silahkan buka laman www.freenom.com terlebih dahulu.
3. Bagi kalian yang ingin merubah tampilan bahasa inggris ke bahasa indonesia silahkan kalian ganti di bagian kanan atas.

Mengganti Bahasa di Freenom
Mengganti Bahasa

4. Pada kolom pencarian, silahkan isi dengan nama domain yang kalian inginkan untuk mengecek ketersedia domain kalian.

Memeriksa Ketersediaan Domain
Memeriksa Ketersediaan Domain

5. Jika domain tersedia, maka akan muncul beberapa pilihan format dibelakang nama domain kalian seperti .tk .ml .ga. cf dan .gq silahkan kalian pilih sesuai dengan keinginan kalian. Klik pada bagian Dapatkan sekarang!
Memilih Nama Domain Gratis
Memilih Nama Domain Gratis

6. Selanjutnya, jika domain tersedia maka akan terdapat tulisan Terpilih, kemudian klik pada Pemeriksaan untuk melanjutkan ke tahapan selanjutnya.

Melakukan Pemeriksaan Domain
Melakukan Pemeriksaan Domain

7. Setelah itu, silahkan kalian pilih periode pada pilihan 12 Months (12 Bulan Gratis) selanjutnya klik Continue
Memilih Periode Domain
Memilih Periode Domain

8. Selanjutnya, silahkan kalian masukkan email kalian dan melakukan verifikasi untuk melanjutkan ke tahapan selanjutnya
Verifikasi Email
Verifikasi Email

9. Masuk terlebih dahulu ke akun email kalian, jika tidak ada pesan baru muncul di kotak masuk, coba cek di bagian spam. Kemudian klik link verifikasi

Contoh Link Verifikasi
Contoh Link Verifikasi

10. Selanjutnya, isilah data-data identitas kalian pada form pendaftara. Setelah terisi semua, centang pada bagian I have read and agree to the Terms & Conditions dan klik Complete Order


Mengisi Form Pendaftaran
Mengisi Form Pendaftaran

11. Selamat, akun domain kalian telah berhasil dibuat, langkah selanjutnya klik pada button Click here to go to your Client Area untuk masuk pada akun freenom kalian.

Konfirmasi Pesanan
Konfirmasi Pesanan

Demikianlah tadi tutorial Cara Mendaftar Akun Domain Gratis di Freenom, silahkan untuk kalian praktikkan dan tunggu artikel selanjutnya mengenai cara setting domain dari freenom di blogspot. Semoga bermanfaat sekian dan terimakasih.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon